3 Program Pengangkat Derajat Seorang Muslim

bunga mawar Inilah 3 Program Pengangkat Derajat Seorang Muslim
BILA sebelumnya kita telah mengetahui perkara apa saja yang dapat merusak keimanan kita, maka kali ini kita juga akan mengetahui bagaimana Allah SWT menyediakan suatu program untuk kita. Yang nantinya akan meningkatkan kualitas keimanan kita.
Allah SWT akan mengangkat derajat seseorang bila ia mau untuk mengubah dirinya kea rah yang lebih baik. Dan dalam melaksanakannya pun didasari oleh niat yang ikhlas. Memang tak begitu mudah. Karena semua itu ialah proses atau pun ujian. Hingga nantinya dapat menentukan kita lulus atau tidak mengahadapi ujian dari Allah SWT itu.
Adapun program yang akan mengangkat derajat seorang muslim itu terdiri dari 3 program, yaitu:
Pertama menyebarkan salam. Jika dianalisis maka program pertama merupakan usaha perluasan jaringan. Dengan berucap salam kepada siapa pun baik yang kenal maupun tidak kenal, berarti kita telah membangunkan kembali rasa persaudaraan sesama muslim, yang secara otomatis melenyapkan perasaan saling mencurigai (su’udhon). Ini adalah awal bagus untuk dilanjutkan dalam langkah selanjutnya memperluas silaturrahim sesama umat muslim.
Kedua, memberi makan. Adapun memberi makan sebagai program peningkatan derajat seorang muslim yang kedua merupakan aplikasi dari teori bersedekah saling berempati atas nasib sesama muslim. Dalam taraf tertentu ini merupakan program pengentasan kemiskinan secara bertahap.
Dan ketiga, shalat di tengah malam ketika yang lain terlelap tidur. Dan program ketiga, adalah shalat dalam sepinya tengah malam ketika yang lain sedang terlelap tidur. Tepatya di sepertiga terakhir malam yang tersisa. Waktu ini adalah ruang spesial yang dapat difungsikan oleh seseorang untuk mengevaluasi dirinya dan kehidupannya selama ini. Baik yang berhubungan dengan sesama ataupun dengan Yang Maha Kuasa.
Itulah 3 program yang harus kita lakukan. Kita harus bisa dan mau untuk berusaha melakukan program-program tersebut. Walaupun memang cukup sulit, tapi bila kita yakin dan memiliki niat yang kuat, maka insya Allah kita dapat melakukannya. [rika/islampos/pesantrenonline]

No comments: